Rabu, 22 Oktober 2008

TUGAS MANAJEMEN HUMAS " PERANAN PR DALAM PERUSAHAAN " 2

CYBER PR: Humas pun Bisa Menggoalkan Penjualan

Selama ini, diakui atau tidak, ada garis tegas yang memisahkan antara pekerja Public Relation (PR, Humas) dan ujung tombak penjualan perusahaan. Humas hanya bekerja di wilayah pembangunan citra perusahaan. Sementara Divisi Penjualan mengurusi uang yang harus mengalir ke perusahaan. Kini Internet telah meleburkan dua jenis profesi tersebut. Dengan berbekal siaran pers dan strategi pemasaran Internet yang tepat seorang pekerja humas mampu mencetak penjualan.

Apa rahasianya? Ini: rancang agar siaran pers perusahaan dengan mudah dicari oleh pengguna Internet melalui mesin cari seperti Google dan Yahoo!. Menurut Nielsen/Net Rating, pada Juni 2004 saja tercatat 21 juta orang membaca Yahoo News. Sementara itu, hanya setahun setelah peluncurannya, Google News diakses oleh 6,5 juta orang setiap bulannya. Dan inilah fakta menariknya: pembaca utama Google News dan Yahoo News bukan wartawan melainkan konsumen pembaca berita.

(USD 2642.07)

Divisi Humas Southwest Airline, seperti dikisahkan MarketingSherpa, memikirkan cara menjangkau kalangan pembaca tersebut melalui siaran pers. Meraka akhirnya menemukan bahwa salah satu kata kunci yang paling banyak dicari konsumen adalah “cheap airline tickets” dan “cheap airfare”.

Meski siaran pers harus ditulis sedemikian rupa sehingga memiliki nilai berita (bukan sekadar alat pemasaran), namun tim humas Southwest merancang siaran pers seoptimal mungkin agar mudah “ditangkap” oleh mesin cari Internet. Mereka secara cerdas menyisipkan suku kata “cheap airline tickets” dan “cheap airfare”. Siaran pers itu juga dilengkapi dengan link-link penting, agar pembaca dapat meloncat ke informasi tersebut dengan cepat, misalnya link menuju pembelian tiket online. Mereka menyebarkan siaran pers tersebut ke Yahoo News dan Google News. Mereka juga menerapkan strategi siaran pers beruntun untuk meningkatkan citra perusahaan yang berkaitan dengan dua suku kata yang paling banyak dicari tersebut.

Hasilnya? Dalam tempo delapan bulan menyebarkan berbagai jenis siaran pers, Southwest berhasil mencetak penjualan tiket online sebesar 1,5 juta dolar AS dari siaran pers tersebut.

Selamat datang di dunia CyberPR.



Sumber:

http://www.virtual.co.id/blog/cyberpr/cyber-pr-humas-pun-bisa-menggoalkan-penjualan/

Tidak ada komentar: